Ukuran Kertas F4

1 min read

Ukuran kertas F4 ialah pola ukuran di dunia percetakan yang dipakai di sejumlah negara asia tenggara khususnya Indonesia. Kertas ukuran ini terbanyak digunakan untuk cetak dokumen serta usaha photocopy.

Ukuran kertas internasional memiliki standard ISO seperti kertas seri A, B, C serta R. Standard ini mempunyai ukuran turunan, misalnya : kertas ukuran A0, A1, A2, A3, A4 dst. Sedang kertas seri F4 tidak mempunyai turunan. Jadi jangan bingung bila kamu ngeprint di exel atau word tidak mendapatkan ukuran F4.

Kertas F4 ada sebab keinginan pasar hingga kertas ini tidak masuk dalam sistem aplikasi. Jangankan word serta exel, aplikasi lain seperti photoshop serta coreldraw juga tidak ada ukuran F4 nya.

Ada produsen kertas yang mempunyai ukuran sedikit tidak sama, yakni ukuran F4 nya 21 cm x 33 cm serta 21,6 x 33 cm. Ketidaksamaan ini tidak jauh hanya karena beda 0,5 cm – 0,6 cm.

Dapat disebut beda produsen karena itu beda juga ukuranya. Tetapi pada umumnya standard yang dipakai ialah 21,5 cm x 33 cm.

Kertas F4 seringkali disebutkan kertas folio atau kertas HVS folio. Kita tahu kertas folio itu masih umum sebab ada 2 tipe kertas folio. Ke-2 kertas itu ialah folio bergaris serta polos.

Kertas folio bergaris

Umumnya dipakai untuk menulis surat lamaran kerja yang dicatat dengan cara manual dengan tulisan tangan.

Biasanya dipakai untuk print dokumen, surat menyurat, serta foto copy.

Untuk memperoleh ukuran F4 di word, kamu harus melakukan dengan cara manual. Sesudah seting di atas, dengan cara automatis mengukur kertas pada lembar kerja microsoft word kamu akan menjadi ukuran F4.

Pada panduan ini saya menggunkan microsoft office 365 (word serta exel). Kamu tak perlu cemas, berapa saja versus microsoft office yang kamu gunakan triknya masih sama. Kemungkinan cuma sedikit tidak sama letak menunya.

Perlu kamu paham.kamu mengerti, sesudah dokumen atau file disimpan, ukuran kertas dengan seting ini tidak beralih, berarti ukuranya tetap F4 (21,5 x 33 cm).

Tidak sama bila mengubah ukuran F4 di exel. Walau telah disimpan, ukuran F4 akan beralih saat dibuka di computer lain.

Seting Kertas di ExcelUntuk kamu yang ingin ngeprint dengan standard ukuran F4 di Exel, langkah melakukanya dengan mengubah ukuran kertas F4 di printer. Perihal ini pula yang memperbedakan seting kertas di word serta exel. Jadi tekankan laptop atau computer kamu telah tersambung ke mesin printer.

Langkah mengubah kertas F4 lewat seting printer ini juga bisa kamu aplikasikan di aplikasi photosop serta coreldraw. Langkah settingnya sama yakni dengan merubahnya dengan cara manual dibagian printer properties.

Tutorial mengubah ukuran F4 di atas cuma berlaku untuk satu sheet. Berarti bila kamu ngeprint sheet ke-2 dan sebagainya, kamu harus seting lagi seperti panduan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *