Teks Eksposisi

5 min read

Teks Eksposisi

Tahu kah kamu apakah itu teks eksposisi ? Bicara tentang teks eksposisi pasti benar-benar erat hubungan dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Teks eksposisi salah satu sisi dari beberapa tipe teks yang ada.

Dalam artikel ini kita akan coba membahas semakin detil lagi tentang pemahaman teks eksposisi, beberapa ciri, susunan, beberapa jenis, serta aturan yang ada di teks eksposisi.

Untul semakin memudahkan kamu dalam pahami apakah itu teks eksposisi, kita akan memberi contoh teks eksposisi. Oke langsung, di bawah ini ialah keterangan semakin detilnya :

Pemahaman Teks Eksposisi

Teks eksposisi ialah satu paragraf atau karangan yang didalamnya ada banyak info yang isi dari paragraf itu di catat dengan arah untuk menerangkan atau memberi satu pemahaman dengan style tulisan yang cepat, padat, serta jelas.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Apa sich beberapa ciri dari teks eksposisi ? Di bawah ini ialah keterangan tentang beberapa ciri teks eksposisi :

Style info yang dikatakan karakternya ajak atau persuasif.

Penyampai teksnya semakin jelas dengan memakai bahasa yang baku.

Menerangkan info pengetahuan lebih detil.

Karakternya tidak berpihak, tujuannya tidak memaksa tekad dari diri kita pada beberapa pembacanya.

Teks eksposisi karakternya netral serta netral.

Penuturannya dibarengi dengan data yang akuran serta dapat dites kebenarannya.

Menyediakan satu bukti yang bisa dipakai untuk alat konkritasi serta andil.

Susunan Teks Eksposisi

500px.comTeks eksposisi mempunyai susunan fundamen, sama seperti dengan tipe teks yang lain. Apa susunan teks eksposisi ini ? Di bawah ini ialah penuturannya :

A. Tesis atau Pengakuan Opini

Tesis adalah satu sisi yang mempunyai isi berbentuk satu pemikiran dari penulis pada tiap persoalan yang akan di ulas temanya.

Satu tesis ini telah dinyatakan berdasar dari satu bentuk pengakuan yang nanti akan diperkokoh dengan alasan-argumen dari penulis.

Sisi ini sangat penting dalam membuat contoh teks eksposisi serta umumnya seringkali tampil di awal teks eksposisi. Meskipun ada peluang kita bisa menemuinya di bagian akhir teks itu.

B. Alasantasi

Alasantasi adalah satu bentuk fakta atau bukti yang di gunakan untuk mengokohkan satu opini yang ada dalam suatu tesis. Meskipun pada praktiknya alasantasi ini dapat dipakai untuk menyangkal atau serta menampik dari satu pengakuan yang dikatakan.

C. Penegasan Lagi Opini

Penegasan lagi opini sebuah sisi yang memberi simpulan serta memperjelas datang dari tesis yang sudah dibahas dari pertama teks sampai pada alasantasi yang di tunjang oleh fakta-fakta yang ada.

Tipe Tipe Teks Eksposisi

Berikut ini ialah keterangan tentang beberapa jenis teks eksposisi :

  1. Pengertian ialah satu paragraf eksposisi yang menerangkan pemahaman atau pengertian dari satu tema yang sedang dibicarakan.
  2. Proses ialah satu tingkatan atau langkah untuk lakukan suatu hal dari pertama sampai akhir.
  3. Contoh ialah satu paragraf yang menerangkan satu info atau keterangan spesifik dengan memberi satu deskripsi atau keterangan yang benar-benar simpel berkaitan satu tema dengan tema yang lain yang mempunyai persamaan karakter atau keserupaan dalam soal spesifik.
  4. Laporan ialah satu paragraf eksposisi yang menerangkan laporan dari satu momen atau pekerjaan riset spesifik.
  5. Perbandingan ialah satu paragraf eksposisi yang ide intinya diterangkan dengan memperbandingkan dengan ide penting yang lain.
  6. Pertentangan ialah satu paragraf yang berisi tentang satu hal yang berlawanan dengan hal yang lain.

Aturan Teks Eksposisi

Berikut ini ialah keterangan tentang aturan teks eksposisi :

A. Pronomina

Pronomina ialah kata tukar orang yang umum dipakai di saat pengakuan opini pribadi dituangkan. Pronomina dapat digolongkan jadi dua sisi, di bawah ini penuturannya :

Pronomina Figur, adalah figur tunggal. Misalnya : Ia, Kamu, Saya, Dia. Adapula figur jamak misalnya : Kami, Kita, Mereka, Kalian.

Pronomina Nonpersona, adalah pronomina penunjuk. Misalnya : Ini, Itu, Situ, Sini, Sana. Adapula pronomina penanya misalnya : Apa, Mana, serta Siapa.

B. Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubungdigunakan dalam teks eksposisi mempunyai tujuan untuk menguatkan satu alasantasi. Di bawah ini ialah tipe konjungsi atau kata penghubung yang dapat kita dapatkan di teks eksposisi :

Konjungsi waktu, contohnya : sebelum, selanjutnya, setelah.

Konjungsi limitasi, contohnya : kecuali, terkecuali.

Konjungsi kombinasi, contohnya : serta, dan, dengan.

Konjungsi arah, contohnya : untuk, supaya, agar.

Konjungsi kriteria, contohnya : jika, bilamana, seandainya.

Konjungsi rincian, contohnya : yaitu, adalah, yakni.

Konjungsi sebab-akibat, contohnya :karena, sebab, hingga.

Konjungsi pertentangan, contohnya : sedangkah, tetapi, namun.

Konjungsi pilihan, contohnya : atau.

Konjungsi penguatan, contohnya : lagi juga, cuma, ditambah lagi.

Konjungsi keterangan, contohnya : jika.

Konjungsi perbandingan, contohnya : seperti, seperti, sama.

Konjungsi penyimpulan, contohnya : oleh karenanya, jadi.

C. Kata Leksikal

Nomina : Yakni kata yang ada pada benda, baik itu berbentuk benda riil atau benda yang abstrak.

Verba : Yakni kata yang memiliki kandungan arti fundamen tindakan, proses atau satu situasi yang bukan karakter.

Adjektiv : Yakni kata yang dipakai untuk menerangkan karakter atau situasi orang, binatang, atau benda.

Adverbia : Yakni kata yang lengkapi atau menerangkan info berbentuk info tempat, situasi, waktu, langkah, serta lainnya sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Mengenai Kesehatan

notepam.comManfaat Lidah Buaya

Tesis

Semenjak jaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenali faedah tanaman lidah buaya. Faedah tanaman ini bukan hanya bermanfaat untuk menyuburkan rambut, namun berguna juga untuk kesehatan badan manusia.

Alasantasi

Meskipun sejak dahulu diketahui memiliki banyak faedah, tetapi sedikit orang yang ketahui jika tanaman ini bisa dibuat untuk komoditas yang benar-benar memberikan keuntungan.

Beberapa periset mengutarakan banyak faedah yang ada dalam tanaman lidah buaya. Berikut ini akan diterangkan tentang faedah tanaman itu :

1. Sisi spesifik dari tanaman ini dapat dibuat untuk obat yang benar-benar bagus untuk percepat proses pengobatan. Lidah buaya dipandang benar-benar baik untuk menyembuhkan sisa cedera, cedera sebab luka atau cedera sebab terbakar.

2. Lidah buaya dikenal juga berbentuk anti-inflamasinya. Dalam kata lain, tanaman ini mempunyai kekuatan untuk perlambat infeksi sebab ada asam lemak. Memoleskan gel lidah buaya dapat menahan atau hentikan perdagangan yang dikarenakan oleh luka, dan lain-lain.

3. Lidah buaya bisa tingkatkan pencernaan serta menolong detoksifikasi badan. Lidah buaya juga bagus untuk menangani sembelit.

Penegasan Lagi

Sangat jelas, lidah buaya bukan hanya berguna untuk ramuan untuk menyuburkan rambut, namun dapat dibuat untuk makanan alami yang benar-benar sehatkan. Rupanya alam benar-benar komplet menyiapkannya untuk kita.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Mengenai Ekonomi

notepam.comPertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis

Di waktu situasi perekonomian global tengah kritis, catatan perkembangan ekonomi di Indonesia memperlihatkan hasil yang benar-benar positif.

Bila dibanding pada triwulan ke-2 tahun ini dengan periode yang sama juga dengan tahun kemarin, ekonomi di Indonesia bertambah kira-kira seputar 6,4%.

Perkembangan ini tetap terpusat di Pulau Jawa dengan kenaikan sebesar 57,5%. Jika kita akumulasikan, perkembangan ekonomi di Indonesia semester I tahun 2012 semakin lebih baik dibanding dengan semester I tahun 2011 yang cuma tumbuh seputar 6,3%.

Alasantasi

Namun perkembangan ekonomi di Indonesia dipandang alami penyimpangan. Ini disebutkan oleh Salamuddin Daeng, seorang pemerhati ekonomi di Indonesia for Global Justice. Dia memiliki pendapat jika perkembangan ekonomi di Indonesia tidak di turuti dengan pengningkatan kesejahteraan rakyatnya.

Bukan hanya hanya itu, Daeng menerangkan, sekurangnya ada 4 unsur yang membuat ekonomi di Indonesia ini alami penyimpangan.

Pertama, perekonomian di Indonesia jauh semakin banyak di tengarai oleh utang asing yang nilainya makin bertambah.

Ke-2, pengingkatan daya konsumsu warga dipandang memengaruhi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Ke-3, ekonomi di Indonesia perkembangannya di dorong oleh export bahan mentah, misalnya hasil perkebunan, bahan tambang, serta yang lain.

Ke-4, perkembangan ekonomi di Indonesia di dorong oleh penanaman faksi oleh faksi asing yang jadikan sumber daya alam di Indonesia makin dikendalikan asing.

Di lain faksi, A Tony Prasetiantono, seorang Pemerhati Ekonomi dari Kampus Gadjah Mada, mengatakan perkembangan ekonomi di Indonesia di topang oleh bagian domestik.

Menurut dia, efek kritis global lewat defisit neraca perdagangan serta penurun export akan berasa pada kuartal ke-3 serta ke-4 di tahun ini. Dia memandang konstribusi export pada PDB tidak demikian besar.

Penegasan Lagi

Menurut A Tony Prasetianto, berbelanja pemerintah yang bertambah cepat serta demikian besar benar-benar menolong perkembangan ekonomi Indonesia. Bersamaan dengan hal itu, tingkat inflasi yang ada di bawah 5 % benar-benar menolong, meskipun hal itu memiliki efek, yakni nilai bantuan energi tetap akan membesar yang sebetulnya kurang sehat.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Mengenai Hukum

notepam.comFakta Hukum di Indonesia

Tesis

Seharusnya hukum di negera Indonesia seperti yang sudah ditata dalam undang-undang fundamen 1945 telah dengan cara tegas mengendalikan hukuman untuk beberapa aktor tindak kejahatan.

Namun pada kenyataannya seringkali berlangsung ke tidak adilan pada hukum yang dapat bikin rugi beberapa orang. Hukum bisa tegas, namun jadi tiba-tiba tumpul saat hadapi dengan uang. Itu yang berlangsung pada sekarang ini.

Alasantasi

Bukan jadi rahasia umum lagi bila beberapa koruptor di Indonesia terima hukuman yang tingkatannya termasuk sangatlah mudah, serta ada juga koruptor yang memperoleh tunjangan berbentuk sarana yang benar-benar eksklusif walau sebenarnya telah dipandang bikin rugi warga serta negara.

Penegasan Lagi

Hukum di Indonesia bisa disebut cuma tegas di depan rakyat kecil. Misalnya masalah yang sempat menerpa Nenek Asyani. Masalahnya karena hanya disangka mengambil beberapa kayu. Dia terancam dengan hukuman semasa kira-kira 5 tahun penjara. Benar-benar benar-benar tragis serta tidak adil. Jika dibanding dengan hukuman beberapa koruptor yang tidak sepadan dengan yang sudah diperbuatnya pada negara.

Nah itu keterangan singkat tentang pemahaman teks eksposisi, susunan, aturan, ciri ciri, serta tipe tipe teks eksposisi.

Teks Laporan Percobaan

CSRP Owner
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *