Jenis Burung Hantu Terpopuler di Indonesia

1 min read

Jenis Burung Hantu Terpopuler di Indonesia

Jenis burung hantu terpopuler di Indonesia mungkin sebagian telah kalian ketahui. Terutama bila kalian menyukai hewan. Burung hantu sendiri merupakan hewan yang bisa dibilang unik karena beberapa ciri khas yang dimilikinya. Misalnya saja bentuk kepalanya yang besar dan bundar dengan mata menghadap ke depan. Selain itu ciri khas burung hantu terletak pada bentuk paruhnya yang menghadap ke bawah. Sedangkan bulu pada burung hantu cenderung lebih lembut dan berwarna samar.

Karakter dan Jenis Burung Hantu

Semua ciri fisik yang dimiliki oleh burung hantu ini membuatnya semakin mudah dikenali. Keunikan burung hantu rupanya ditambah dengan karakter yang dimilikinya sebagai raptors. Artinya burung hantu merupakan burung pemangsa yang selalu berburu makhluk hidup lainnya. Bahkan burung hantu memiliki ciri khusus dalam melakukan adaptasi dengan lingkungannya dan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Kemampuannya dalam bertahan hidup ini bisa dinilai cukup unik dan tentunya berbeda dengan hewan lainnya. Hampir setiap jenis burung hantu memiliki cara yang sama dalam melakukan adaptasi demi kelangsungan hidupnya. Namun tiap jenis burung hantu tentu memiliki ciri fisiologis yang cukup berbeda antara yang satu dengan lainnya. Berikut beberapa jenis burung hantu yang cukup dikenal di tanah air.

  1. Serak Jawa

Burung hantu ini memiliki sayap panjang dan bulat serta ekor yang pendek. Burung ini seringkali mencari tikus kecil pada malam hari dengan cara terbang secara lebih rendah di atas habitat yang terbuka. Cara terbangnya memang memiliki ciri yang sangat khas sehingga kalian dapat dengan mudah mengenalinya.

  1. Serak Bukit

Wajah burung hantu jenis ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu mirip dengan ular sendok. Makanan burung hantu jenis ini umumnya berupa mamalia kecil dan burung serta ular atau katak dan serangga besar.

  1. Celepuk Merah

Beberapa orang menyebut burung hantu terpopuler di Indonesia ini dengan istilah Scop Raddish. Sangat disayangkan bahwa jumlah burung hantu jenis ini hingga sekarang mengalami penurunan yang cukup tajam. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan habitat yang terjadi karena pengrusakan oleh manusia.

  1. Beluk Jampuk

Secara fisik burung hantu yang satu ini memiliki ciri tersendiri yaitu adanya bercak telingan horizontal yang bersifat mencolok. Tubuhnya tergolong besar dan bahkan mencapai sekitar 45 cm. Burung hantu ini sebenarnya cukup sering dipelihara terutama oleh para pecinta hewan burung hantu. Burung hantu ini memakan beberapa serangga besar dan mamalia kecil serta reptil.

  1. Eurasian Eagle Owl

Kecepatan terbang burung hantu bernama elang Eurasia ini sangatlah cepat. Kekuatan sayapnya tidak bisa diremehkan dan ketukan sayapnya dangkal serta luncurannya panjang dan cepat. Burung hantu ini termasuk burung hantu terbesar di dunia dan paling mencolok.

Berbagai jenis burung hantu terpopuler tersebut di atas diharapkan dapat menambah informasi dan pengetahuan kalian mengenai burung hantu. Terutama burung hantu yang bisa dijumpai di tanah air. Sayangnya keberadaan burung hantu tampak semakin berkurang saat ini. Bahkan beberapa jenis burung hantu sangat dekat dengan kepunahan. Hal ini sebaiknya segera diatasi dengan adanya pelestarian berbagai jenis burung hantu yang tergolong langka. Untuk semakin memperkaya pengetahuan mengenai jenis-jenis burung hantu dan pelestariannya maka Anda bisa berkunjung ke Sudutkebun.com. Disini kalian akan mendapat informasi lengkap seputar burung hantu di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *