Apa Itu Cangkang Kelapa Sawit?

1 min read

Apa Itu Cangkang Kelapa Sawit

Cangkang kelapa sawit merupakan bagian terluar dari buah kelapa sawit yang berfungsi melindungi isi atau kernel dari buah sawit. Cangkang ini seringkali disebut juga dengan istilah tempurung sawit. Beberapa orang juga menyebutnya dengan istilah palm kernel shell yang kemudian lebih sering dikenal dalam dunia perdagangan. Cangkang ini memiliki ciri dan kekhasan tersendiri. Bentuk dan teksturnya sebenarnya hampir sama dengan tempurung kelapa yang keras. Jadi bentuknya cukup unik terutama bagi orang yang baru pertama kali melihatnya. Cangkang sawit tidak hanya berbentuk unik tetapi juga kaya akan manfaat. Berbagai kandungannya menyebabkannya banyak diburu orang untuk difungsikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kandungan Yang Terdapat di Dalamnya

Dalam cangkang kelapa sawit sendiri umumnya ada beberapa kandungan, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Kadar air

Cangkang sawit mengandung kadar air yang lembab yaitu sekitar 8-11%. Maka dari itu tempurung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan bakar.

  1. Kadar abu

Selain itu tempurung sawit ini juga mengandung abu atau ash yaitu sekitar 2-3%. Maka hal ini menjadikannya semakin cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar arang.

  1. Kadar penguapan

Mengenai kadar penguapan rupanya tempurung ini memiliki intensitas penguapan yang cukup tinggi yaitu sekitar 69-70%. Hal ini mengandung arti bahwa cangkang sawit tidak menimbulkan pencemaran udara sehingga lebih bersifat ramah lingkungan.

  1. Karbon aktif

Ada pula kandungan karbon aktif yaitu sekitar 20-22%. Karbon aktif ini dapat digunakan untuk melakukan penyerapan karbondioksida. Selain itu karbon aktif ini juga bisa digunakan untuk pemurnian biogas.

Manfaat Cangkang Kelapa Sawit

Adapun penggunaan cangkang kelapa sawit saat ini memiliki beberapa manfaat penting, misalnya yaitu sebagai berikut.

  1. Bahan bakar

Kandungan arang murni pada cangkang kelapa sawit bisa menghasilkan energi panas yang cukup tinggi. Oleh karena itu Anda bisa menggunakannya sebagai bahan baku untuk melakukan pembakaran di ruang boiler atau ketel uap.

  1. Campuran pakan ternak

Kadar kalori yang cukup tinggi bisa membuat tempurung sawit untuk dijadikan sebagai campuran dalam makanan ternak. Namun tentunya harus dihancurkan terlebih dahulu agar bisa dicerna oleh ternak.

  1. Pupuk tanaman

Selain untuk hewan rupanya cangkang ini juga bisa berguna untuk tanaman. Cangkang ini memang juga bisa diolah hingga menjadi pupuk tanaman atau biochar untuk meningkatkan kandungan hara pada tanah.

  1. Bahan pengeras jalan

Jalan yang dilapisi dengan cangkang dari tanaman kelapa sawit bisa menjadi lebih keras. Oleh karena itu Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti aspal untuk mengeraskan jalan. Biayanya juga tentu lebih murah bila dibanding dengan aspal.

  1. Bahan kerajinan tangan

Anda juga bisa menggunakan cangkang ini untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan. Hasil kerajinan tangan Anda tentu akan lebih menarik. Selain itu harga jual hasil kerajinan tangan juga bernilai lebih tinggi.

Ekspor Palm Kernel Shell

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil palm kernel shell terbesar di dunia. Maka tak heran bila permintaan dunia terhadap cangkang kelapa sawit tersebut selalu tinggi. Bahkan cangkang ini menjadi salah satu komoditas ekspor yang pada akhirnya bersifat menguntungkan bagi negara. Karena khasiatnya tersebut maka tempurung sawit tersebut kini semakin terkenal. Bahkan pangusaha gempurung sawit kini tidak hanya tersebar di area dalam negeri saja. Pengusaha tempurung sawit kini sudah semakin merebak hingga sampai ke mancanegara. Para pengusaha dari luar negeri bahkan menjalin kerjasama dengan petani dan pengusaha tempurung sawit di tanah air. Tempurung sawit didistribusikan ke berbagai daerah di berbagai negara. Tentu saja hal ini memberikan nilai positif terutama bagi perekonomian dan devisa negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *